Sabtu, 06 Oktober 2012

puisi anak anak

tas sekolah


liburan sekolah telah tiba
aku bahagia tiada terkira
liburan panjang bersama keluarga
hingga lupa kapan masuk sekolah

ibu membelikan tas baru untukku
karena nilai raporku semua bagus
ada gambar lucu disana sini
warna pelangi mempesona haru

aku berjanji ingin rajin belajar
lebih giat dan lebih baik
karena tasku baru lagi
betapa berbunga hatiku ini
tahun ini berkah berlimpah

terimakasih ibu dan ayah
aku berjanji sebagai anakmu
akan selalu membuatmu tersenyum
selalu kubanggakan disetiap waktuku

tak ada balasan untukmu
selain doa kupanjatkan demimu

tasku baru lagi
besok pelajaran baru dimulai
aku mulai dengan basmalah
basmalah semoga hari hariku
berjalan dengan waktu
dan musim nilai baik diraporku



bekasi, 2012



 Berpuasa

; untuk kawan~kawanku

ibu menyuruhku berpuasa
saat ini aku berpuasa
menahan haus dan lapar

aku bangga
umurku masih 8 tahun
namun akau bangga
bisa menemani ibu dan ayah berpuasa

saat sahur tiba
aku terbangun bahagia
tanpa mengeluh dan marah
menemani ibu memasak
sahur bersama membaca niat

" nawaitus sauma gadin an adhai fardis syahri ramadhana hadihissanati fardol lillahi ta'ala "

setelah sahur
aku berjamaah bersama ibu dan ayah
memanjatkan doa untuk mereka

aku juga bahagia
saat menunggu kumandang adzan
duduk bersimpuh menantikan
waktu berbuka

" allahu akbar, allahu akbar "
suara adzan berkumandang
saatnya aku berbuka
menyunggingkan senyum karena
telah berpuasa sahari penuh

terimakasih ibu dan ayah
karena semangatmu aku bisa kuat menahan lapar dahaga

aku senang
aku bahagia
besok aku akan berpuasa kembali

mari kawanku
berpuasa dan belajar menahan lapar
karena itu akan membuatmu
tahu betapa puasa itu berpahala besar dihadapan sang ilahi robbi




Sahabat


aku teringat
saat pertama kali perkenalan itu
bermain bersama
tersenyum mencari senja

aku sedih
kaulah penghiburku
aku senang
kaulah yang kutunggu

kau tak pernah bosan
menjadi sahabatku
sepanjang waktu
sepanjang kita bersama
dalam suka maupun duka

O, sahabat
senyummu menghilangkan segala resah
saat aku tak tahu jalan
untuk pulang dari sekolah
makan bersama
membantuku saat belajar dirumah dan sekolah

aku senang
aku bisa bersahabat denganmu
kau tak pernah mengeluh
disaat aku membutuhkanmu
disaat aku mengeluhkanmu

sahabatku
kaulah yang terbaik disisiku
yang selalau aku banggakan
menjadi pelipur sepanjang waktu
sampai usia tua nanti
akan ku ingat kau didalam hidupku




bekasi, 2012




 Opera anak yatim

; panti asuhan seluruh indonesia

hingga kini,
dan berapa tahun kemudian
masa depan itu
adalah tanganmu
yang berjeda memahat kebisuan airmata negeri ini
sebab, hanya
dirimu merah putih berkibar
dalam talqin cinta

aku tak punya cukup hadiah untukmu
sebagai penyuluh rindu.
saat ramadhan kaulah peneduh
yang membuat sebilah doa
sebelum sekuntum bunga memekar
menunggu musim bertemu dengan teguh hatimu menelanjangi keranda tulus

tak ada kesabaran
yang sebesar hatimu memanggul
kepedihan saat sepeninggal mereka
ayah dan ibumu
yang kutahu begitu tetes airmatamu
jatuh menjadi sungai
saat kepergiannya hari itu
hari dimana senja tak nampak
bergelora di ufuk barat
dalam penantian kemarau
yang menciumi tetanah,

wahai, anak yatim piatu
pesanku kepadamu
tersenyumlah dari waktu ke waktu
agar dari bibirmu tak kulihat lagi
sisa sedih sejak kemarin
karena aku tahu
hatimu adalah opera batu
yang tak sekalipun pecah disetubuhi ombak
dan badai
yang tak hancur digetarkan petir hujan januari


bekasi,12



Tidak ada komentar:

Posting Komentar